Kamis, 31 Oktober 2013

MAKNA WARNA MENURUT ORANG JAWA



Setiap bangsa memaknai warna yang ada di dunia ini. Seperti bangsa cina yang memaknai warna merah sebagai kejayaan, api, dll. Namun tahukah kita makna warna yang ada di masyarakat jawa? Makna warna ini tentu saja ada yang berbeda dengan bangsa lain yang ada di dunia ini.
Yang pertama kita akan bahas warna merah. Warna merah melambangkan darah dan gula jawa. Maksud dari warna merah melambangkan darah adalah saat kita dilahirkan di dunia ini kita pasti berlumuran cairan berwarna merah yaitu darah. Lahirnya anak di dunia ini dapat diibaratkan kemakmuran. Kan pepatah jawa mengatakan banyak anak banyak rizki. Lalu maksud warna merah melambangkan gula jawa adalah warna gula jawa berwarna merah. Dan gula jawa adalah bumbu yang cukup terkenal di tanah jawa.
Untuk lebuh jelasnya kita akan bahas warna putih. Warna putih melambangkan sperma pada pria dan getah. Maksudnya adalah jika tidak ada sperma maka tidak akan jadi anak. Kemudian getah adalah symbol tanaman yang juga merujuk pada kesuburan. Mungkin banyak di antara kalian yang bingun dengan pernyataan tidak ada lelaki maka tidak ada anak, bukankan untuk menghasilkan anak harus ada lelaki dan perempuan? Itulah sebabnya lambang/ bendera kerajaan jawa selalu menggabungkan kedua warna itu karena keduanya merupakan unsure yang tidak dapat dipisahkan. Warna itu juga menginspirasi warna bendera merah putih.
Hitam adalah warna yang cukup sering dipakai oleh dukun. Mungkin banyak dari kita yang berfikir bahwa itu adalah wat=rna yang menyimbolkan kejahatan. Jika kalian berfikir begitu maka kalian salah. Warna hitam pada masyarakat jawa merupakan perlambang kebijaksanaan dan kesetaraan. Jadi kalau kita lihat dukun di setiap desa adalah orang-orang yang dituakan di suatu desa. Karena dia sudah tua maka pastilahdia sudah berpengalaman dalam berbagai hal. Oleh karena itu dukun memakai warna hitam karena dia dianggap yang bisa memimpin warga disana karena dia adalahorng yang paling bijaksana. Kemudian hitam juga melambangkan kesetaraan. Maksudnya jika orang mati maka dia pasti dikuburdi tanah, atau saat ngaben orang yang dibakar pastilah menjadi abu. Warna abu dan tanah berwarna hitam jadi maksudnya adalah manusia sehebat apapun setinggi apapun jabatannya maka dia akan tetap menjadi abu atau tanah juga.
Yang ketiga adalah warna kuning yang pastinya semua sudah tahu bahwa kuning melambangkan kekayaan dan kejayaan. Warna ini juga merupakan warna yang sering dipakai oleh bangsa melayu. Dalam masyarakat jawa warna ini merupakan simbolisasi warna emas yang pasti warnanya kuning. Semakin banyak emas maka kerajaan itu semakin makmur. Jadi oleh karena itulah warna emas melambangkan kejayaan dan kemakmuran.
Yang keempat adalah warna hijau. Warna ini adalah lambang dari alam, harapan, hidup dan harapan yang selalu mendampingi kita. Maksudnya adalah kita selalu hidup berdampingan dengan alam dan selalu mendapatkan semuanya dari alam. Itu juga merupakan tanda bahwa kita harus menjaga alam dan hidup selaras dengan semua yang ada di dunia ini karena kita selalu hidup dari alam. Lalu warna ini juga bermakna harapan yang mana warna ini juga kadang dikombinasikan dengan warna hijau. Warna hijau kuning ini dipakai pada Keraton Jogjakarta yang mana berarti keluhuran yng selalu menjadi harapan.    

MATUR SEMBAH NUWUN

2 komentar: