Minggu, 10 Januari 2016

CARA MENGHILANGKAN BAU TANAH DAN MENGATASI KEBOCORAN PADA KENDHI



Kesenian tembikar di jawa sangat beragam, mulai dari piring, guci dan lain-lain. Kesenian ini terdapat di hampir seluruh negara, khususnya di Jawa. Nah, hari ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara merawat benda-benda dari tanah liat ini, khususnya kendi yang dalam bahasa jawa ditulis kendhi.
Saat kita membeli kendi, kita pasti merasa bingung karena kendi tersebut berwarna cerah dan bukannya gelap seperti kendi zaman dulu. Yang paling mengherankan adalah saat kita isi air, air akan keluar pada bagian bawah kendi alias bocor. Namun bagaimana kendi zaman dulu bisa tidak bocor. Kali ini saya akan menjelaskan alasan kenapa kendi zaman dulu bisa tidak bocor dan kenapa berwarna gelap, berbeda dengan kendi zaman sekarang. Baiklah, untuk mempersingkat waktu, mari kita mulai saja pembahasannya.
1. AMBIL ONTONG/JANTUNG PISANG
2. BELAH MENJADI 2 ATAU 4
3. GOSOKKAN PADA SISI LUAR KENDHI KHUSUSNYA BAGIAN BADANNYA
4. ULANGI MINIMAL 2 KALI HINGGA GETAHNYA HABIS

Nah, sekarang tinggal menjawab 2 pertanyaan yang sangat mengganggu di atas tadi. Baiklah, berikut ini adalah penjelasannya :
1. Kenapa kendi bila digosok dengan ontong bisa tidak bocor ?
Getah pada ontong pisang yang digosok bisa menitupi dan merapatkan pori-pori pada kendi. Karena itu ontong bisa digantikan oleh tumbuhan lain seperti cocor bebek (lidah buaya) yang baru saja saya coba. Namun zaman dulu hanya memakai ontong saja.
2. Kenapa kendi zaman dulu bisa berwarna gelap ?
Pada awalnya semua kendi berwarna cerah, namun, karena terlalu lama atau berkali-kali digosok dengan menggunakan ontong, maka warnanyapun menjadi semakin gelap setiap kali digosok. Getah pada ontong bisa membuat kendi tersebut gelap
3. Berapa kali penggosokan dilakukan?
Tidak ada ancer-ancer (patokan) berapa kali penggosokan dilakukan. Asalkan sudah bocor ya digosok lagi.
4. Bagaimana cara menghilangkan bau tanah pada kendi?
Ternyata bau tanah pada kendi bisa hilang kalau direndam. Selain itu, bau tanah pada kendi juga akan secara alami hilang setelah dipakai berkali-kali.

MATUR SEMBAH NUWUN

5 komentar: