Minggu, 10 Januari 2016

BAJU, MAKANAN, RUMAH, DAN KENDARAAN ORANG JAWA



Saat kuliah, temanku yang dari medan merasa aneh dengan orang Jawa. Walaupun dia orang Jawa, dia agak heran dengan salah satu pola pikir orang Jawa yang katanya di daerahnya juga ada, namun dia tidak menyangka kalau semua orang jawa memiliki pola pikir seperti itu. Jadi, inilah pertanyaannya:
”KENAPA ORANG JAWA RUMAHNYA BAGUS-BAGUS WALAUPUN TIDAK MEMILIKI KENDARAAN ?”
Setelah dia bertanya demikian, saya jawab “bukannya itu hal yang biasa, kamu kan orang jawa juga, memangnya orang jawa di Medan tidak seperti itu juga ya?”. Hal itu agak aneh, mengingat dia adalah orang jawa juga. Namaun menurut teman saya yang ternyata sudah pergi atau menjelajah beberapa kota-kota besar di berbagai privinsi di Indonesia, menurutnya orang jawa berbeda dengan masyarakat masyarakat lain. Misalnya saja saat dia pergi ke kota lain, ada kelompok masyarakat yang walaupun rumahnya reot atau yang bahasa kasarnya “DITIUP SAJA BISA ROBOH” namun memiliki kendaraan yang tergolong mewah. Sebaliknya, orang jawa justru memiliki rumah yang tergolong bagus, namun jarang sekali yang memiliki kendaraan. Hal ini menurutnya sangat bertolak belakang dengan beberapa masyarakat di kota-kota yang dia pernah kunjungi.
Kemudian saya menjelaskan alasan kenapa orang jawa memiliki rumah yang bagus, walaupun jarang sekali yang memiliki kendaraan. Jadi, orang saat orang jawa kaya, yang pertama dibenahi adalah rumah. Hal ini karena rumah bagi orang jawa adalah tempat pertama yang akan dituju jikalau capek ataupun banyak pikiran. Kalau kita kaya raya, tapi tinggal di Gua yang terletak di hutan, maka harta sebayak apapun tidak ada gunanya. Selain itu, jika kita memiliki rumah sendiri, maka tidak akan ada orang yang memprotes apayang kta lakukan di dalam rumah. Intinya sih rumahku istanaku. Hal itulah yang menjadi dasar orang jawa lebih mendahulukan hal lain rumah.
Hal kedua yang akan dilakukan oleh orang jawa saat kaya ternyata bukanlah pakaian. Itu karena orang jawa tidak terlalu mementingkan penampilannya. Kalau kata orang jawa sih “biar pakai celana pendek yang penting kaya”. Hal ke dua ternyata adalah makanan. Hal ini karena orang jawa berfikir sesekali makan enak juga penting.
Hal ketiga adalah kendaraan. Hal ini karena jika punya kendaraan sendiri, maka lapangan kerja semakin dekat. Maksudnya, dengan punya kendaraan sendiri, walaupun tempat kerjanya jauhpun bisaditempuh dalam waktu yang singkat, sehingga bisa mencari kerja atau uang lebih cepat.
Yang terakhir justru pakaian. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bahwa orang jawa tidak terlalu mementingkan penampilan. Biar baju compang-camping, yang penting kaya. Namun, bukan berarti orang jawa harus berpakaian jelek, intinya adalah tidak berlebihan Hal ini juga yang membuat orang jawa terlihat sederhana.
Jadi, sudah jelas kana pa yang akan dibenahi ketika orang jawa kaya? Semoga informasinya bermanfaat ya kawan………………………………

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: