Kamis, 31 Oktober 2013

BESKAB UNTUK RAKYAT



Pasti semua sudah tahu tentang pakaian adat jawa yang bernama beskab. Kita mungkin pernah memakainya. Namun pernahkah kita memakai pakaian adat untuk rakyat? Kali ini saya akan menjelaskan perbedaan pakaian adat jawa untuk pria dan wanita.

*Untuk pria pakaian adatnya bernama beskab dan terdiri dari:
1.       Udheng/Iket
Ikat kepala seperti layaknya orang bali. Pada umumnya berbentuk seperti blangkon, namun ada juga bentuk selain itu. Motif udheng jawa hanya ada 2. Yang pertama adalah hitam polos yang sering dipakai dukun atau para sesepuh, yang ke dua adalah motif batik yang dipakai semua kalangan yang mana berarti dipakai selain dukun dan sesepuh.



2.       Beskab
Pakaian adat yang berbeda tergantung wilayahnya.Karena bentukya sulit dijelaskan maka lebih baik kalian lihat gambar.








3.       Clana
Clana yang dalam bahasa Indonesia disebut celana ini pada beskab memiliki kolor. Kolor yang dipakai bukanlah kolor karet yang seperti di juap di pasaran saat ini. Itu karena di zaman itu belum ditemukan alat untuk mengolah getah pohon karet. Jadi kolor yang dipakai terbuat dari kain yang dijahit.






*Untuk wanita pakaian adatnya dinamakan kebayak yang terdiri dari:
1.       Kebayak
Merupakan pakaian adat jawa yang bentuknya sama di setiap provinsi yang didiami suku jawa. Jadi berbeda dengan pakaian yang dipakai pria yang berbeda di setiap daerah, pakaian untuk wanita bentuknya sama.

2.       Centhing
Sabuk tradisional yang terbuat dari kain yang cukup tebal dan agak kaku yang panjangnya 3 meter dan 4 meter. Kata orang tua zaman dulu yang 4 meter enak saat dipakai karena jarik yang kita pakai tidak mudah jatuh. 

3.       Jarik
Kain yang panjangnya 2 – 3 meter dan tinggi sekitar 1 meter tergantung tinggi pemakainya. Mungkin sekarang sudah ada jarik modern yang cara memakainya seperti rok, namun jarik tradisional dipakai dengan cara dibelitkan di kaki lalu pada pinggang diikatkan centhing.

Jadi sekarang sudah tahu kan pakaian adat jawa ala rakyat jelata? Semoga informasi ini berguna bagi kalian semua.

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: