Senin, 28 Oktober 2013

ASAL KATA KESURUBAN



Mungkin di Indonesia sudah mengentahui makna kesuruban. Namun tahukah kita apa makna kata surub? Kemudian tahukah kita sejarah kata kesuruban?

Kesurupan berasal dari bahasa jawa yaitu “surub”. Surub adalah waktu peralihan dari sore sekitar pukul 5 sampai isak. Dulu di waktu ini orang jawa takut sekali untuk keluar rumah dikarenakan di waktu ini sangat banyak hantu berkeliaran. Jadi intinya orang jawa keluar hanya jika ada masalah mendesak atau ibadah saja.

Mungkin kalian juga bingung alas an penulisan kata “surub”, kenapa tidak ditulis “surup” saja? Kan cara bacanya “keurupan”. Sebenarnya itu berhubungan dengan car abaca orang jawa. Misalnya kata kamanteban yang dibaca kamantepan, sikeban yang dibaca sikepan. Jadi itu bukannya salah tulis tapi memang cara bacanya seperti itu.

Sampai sekarang masih banyak orang jawa yang masih sangat percaya terhadap kata itu. Di zaman ibuku saja banyak juga yang orang dewasa dan anak kecil yang jadi korbannya. Bukan hanya ditakut-takuti namun ada juga yang diculik dan hingga sekarang belum kembali juga sangat banyak. Oleh karena itulah orang jawa menamakan kerasukan menjadi kesurupan.

Jadi intinya surub adalah waktu antara jam 5- 7 di mana banyak orang kerasukan dan dihantui. Jadi sekarang sudah tahu ka nasal kata kesuruban? Semoga info ini bermanfaat bagi kalian semua.

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: