Kamis, 31 Oktober 2013

CARA ORANG JAWA MENUNJUK BENDA



Pernahkah mita memperhatikan cara orang menunjuk benda? Seperti jepang, inggris, korea, tailan dan lain-lain. Pernahkah kita memperhatikan cara orang jawa menunjuk benda? Mungkin banyak yang mejawab jari telunjuk. Benarkah itu?

                Cara orang jawa menunjuk benda ada 2 macam, yang pertama adalah dengan telunjuk dan yang ke dua adalah dengan jempol. Sebenarnya pada masyarakat jawa menunjuk benda dengan telunjuk hanya ditujukan kepada orang yang pangkatnya lebih rendah dari kita atau sedang marah. Banyak yang tidak tahu bahwa sebenarnya jika menunjuk benda walaupun orang jawa sendiri. Ini dikarenakan modernisasi yang tidak diiringi dengan penanaman nilai budaya. Lambat laun tradisi ini pasti akan memudar dan mungkin kita harus ke luar negeri hanya untuk belajar budaya kita.

Kemudian yang ke dua adalah dengan menggunakan jempol. Menunjuk benda dengan jempol ditujukan kepada orang yang pangkatnya sama atau lebih tinggi daripada kita. Sebenarnya menunjuk benda dengan jempol ada 2 cara. Cara yang pertama dilakukan tanpa menempelkan telapak tangan kiri di bawah siku tangan kanan. Ini dilakukan jika pangkat lawan bicara sama dengan kita. Yang ke dua adalah dengan menempelkan telapak tangan kiri di bawah siku atau lebih tepatnya tempurung tangan kanan. Ini dilakukan jika pangkat lawan bicara lebih tinggi dari kita.

                Mungkin banyak di antara kita yang baru pertama kali tahu atau bahkan tidak tahu sama sekali. Semoga infirmasi ini bermanfaat bagi kita semua.

                MATUR SEMBAH NUWUN  

1 komentar: