Senin, 28 Oktober 2013

KENAPA UDHENG HARUS DIBENTUK SEGI TIGA?



Mungkin banyak dari kita yang bingung kenapa udheng yang tadinya segi 4 harus dijadikan segi tiga. Sebenarnya itu bukanlah tanpa alas an atau untuk keren-kerenan saja. Makna atau filosofi di balik udeng sangatlah dalam dan berhubungan dengan filososfi kehidupan.

                Makna segi tiga pada udeng bermakna 3 hubungan. Yang pertama adalah hubungan kita dengan tuhan. Tuhanlah yang menguasai segalanya dan menciptakan segalanya, oleh karena itu juka kita tidak menjaga hubungan dengan tuhan dengan tidah beribadah atau mematuhi segala perintahnya dan menjauhi segala larangannyamaka niscaya tuhan akan marah dan menunjukkan kuasanya dengan memberikan azab kepada kita.

Yang ke dua adalah hubungan kita dengan alam. Seperti yang kita tahu alam adalah yang telah menyokong hidup kita selama ini. Misalnya saja padi. Tanpa padi mungkin kita akan kesulitan mencari sumber karbo hidrat. Contoh yang paling nyata adalah saat kita seenaknya menebang pohon maka terjadi longsor di mana-mana. Dari contoh di atas kita tahu bahwa jika kita merusak alam maka alam bisa marah kepada kita oleh karena itu kita harus menjaga keharmonisan dengan alam.

Yang ke tiga adalah hubungan kita dengan orang lain. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk yang butuh orang lain sebagai teman. Bayangkan jika kita adalah satu-satunya spesies manusia yang hidup di dunia ini. Pastilah kehidupan ini sangat membosankan karena tidak ada teman yang membantu saat kita sedang ada masalah. Karena manusia selalu butuh bantuan orang lain itulah maka kita harus menjaga tali persaudaraan dengan seluruh manusia. Intinya adalah jangan mengobarkan genderang perang kepada siapapun.

Dari penjelasan di atas kita tahu kenapa udeng berbentuk segi tiga. Itu karena udheng menyimbolkan tiga hubungan atau keharmonisan yang harus kita jaga. Orang zaman dulu menciptakan udheng selain di zaman itu belum diciptakan aksara udheng dibiat agar manusia selalu menjaga keharmonisan yang ada di dunia ini. 

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: