Kamis, 31 Oktober 2013

HANTU-HANTU SUKU JAWA



Setiap orang asia pastinya percaya pada hal-hal mistis. Misalnya saja hantu yang di setiapsuku mungkin adapersamaan namun karena berbeda suku pastinya ada perbedaan jenis-jenis hantu. Kali ini kita akan membahas hantu pasa masyarakat jawa.

1.       Kemamang
Merupakan hantu dengan organ yang kurang lengkap yaitu terdiri dari kepala dan organ dalam saja. Kemamang biasanya memangsa orang sebagai tumbal pesugihan. Cara membunug kemamang ialah dengan mencari tubuhnya. Jika kita hanya menyerang kepalanya maka dia tidak akan mati.

*Di atas telah disebutkan kata pesugihan. Bagi yang tidak tahu artinya kita akan bahas agar kalian juga tahu artinya. Pesugihan berasal dari bahasa jawa yaitu sugih yang berarti kaya. Karena mendapat imbuhan “pe“ dan “an“ maka menjadi “pesugihan“. Dalam bahasa indonesia imbuhan pe-an sama dengan imbuhan ke-an pada kata kaya. Jadi makna kata pesugihan adalah kekayaan.

2.       Gendruwo
Jenis hantu ini sangat suka menculik anak kecil. Anak yang telah dibawa dia biasanya tidak akan bisa dilihat orang walau orang tersebut berada di dekatnya. Bila ingin melihat atau menyelamatkan anak yang diculik hantu ini adalah dengan membunyikan alat musik atau alat dapur di sekitarnya. Kalau dia mendengar music dipercaya dia akan menari dan melepaskan dekapannya dari anak yang diculik dan anak itu akan terlihat.

3.       Pocong
Hantu ini dipercaya muncul karena tali pocongnya belum dilepas atau ada benda yang tidak sengaja masuk atau sengaja dimasukkan ke dalam liang kuburnya. Cara membuat tenang adalah dengan melepas tali pocongnya atau mengambil benda yang ada dalam liang kuburnya.

*Tali pocong perawan dipercaya dapat membuat tubuh tidak terlihat sehingga banyak yang menggunakannya untuk mencuriatau niat jahat yang lain.

4.       Thuyul
Hantu yang suka mencuri uang. Zaman dulu banyak yang memeliharanya untuk memperoleh banyak uang. Ciri fisiknya adalah botak dan bertubuh kecil. Banyak versi tentang cara menangkalnya. Versi di desa saya adalah dengan memberinya sisir agar, kaca, dan kaikepiting. Tiga benda itu dipercaya barang kesenangannya sehingga ketika dia melihat ketiga benda itu maka dia akan menari dan bermain dengannya sehingga di lupa bahwa dia akan mencuri uang.

5.       Sundhel Bolong/Sundher bolong
Hantu yang dipercaya matu karena melahirkan di dalam kubur atau mati saat hamil. Ciri-cirinya adalah punya lubang di punggungnya

Mungkin ejaan nama hantu di atas sangat aneh. Itu disebabkan saya menggunakan ejaan jawa. Jadi itu bukanlah kesalahan ejaan. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.

MATUR SEMBAH NUWUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar