Kamis, 31 Oktober 2013

BATIK ATAU PAKAIAN ADAT?



Batik adalah salah satu budaya nusantara yang sekarang sudah diakui dunia karena keindahan coraknya. Hal ini tentu membuat kita sangat bangga karena batik yang sekarang menjadi budaya nasional ini menjadi identitas bangsa Indonesia. Hal yang membuat kita lebih bangga lagi pastilah banyak anak muda yang kemana-mana dengan bangga memakai batik. Selain itu sekarang batik sudah dimodernisasi sehingga tidak ada kesan kuno sama sekali.

Bicara soal batik dan pakaian adat pastilah merupakan suatu yang lazim jika kita menemukan orang yang memakai batik di Indonesia ini. Tapi pernahkah kita temukan orang yang dengan bangga ke mana-mana memakai pakaian adat? Ini adalah masalah yang terjadi sekarang ini. Banyak anak muda yang dengan bangga ke mana-mana memakai pakaian yang terbuat dari kain batik namun malu memakai pakaian adatnya. Jadi masihkan kita bisa bilang kita bangga dengan budaya Indonesia?

Di daerahku aku sering sekali Tanya pakain adat suku temanku. Namun jawaban yang sering mereka katakana adalah “tidak tahu”. Kita tahu tentang batik, sering promosi tentang batik, namun tidak tahu nama pakaian adat sendiri. Yang lebih parahnya lagi adalah ketika aku tanya tentang detail pakaian adatnya dia juga menjawab tidak tahu. Dia hanya bilang bahwa dia pernah pakai tapi dia sudah lupa bentuknya.

Hal yang tidak kalah aneh adalah ketika orang yang pakai batik sekarang sudah dipandang orang yang modern karena sekarang batik sudah mendunia, para pelestari pakaian adat malah dipandang sebagai orang yang kuno dan kurang gaul. Mungkin banyak dari kita yang pernah memakai pakaian adat dari suatu provinsi di Indonesia, namun tahukah kita pakaian adat suku mana itu dan apa namanya? Mungkin dari kita banyak yang menjawab tidak karena kita hanya tinggal pergi ke salon dan didandani karena tugas dari sekolah dan sebgainya. Namun pernahkah kita memakai pakaian adat sendiri  dan kemana-mana memakai pakaian adat? Dan yang tidak kalah penting pernahkah kita mencari tahu pakaian adat yang kita pakai saat festival dari provinsi mana, suku apa, dan namanya apa?

Hal tersebut mungkin terlihat sepele namun jika kita hanya tinggal pergi ke salon kemudian didandani, maka perbedaan kita dengan turis mancanegara? Mereka pasti tidak tahu nama, dari suku apa pakaian adat kita. Jadi mana yang menjadi kebanggaan kita? Pakaian batik atau pakaian adat?

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: