Kamis, 31 Oktober 2013

ASAL KATA KULA NUWUN



Di antara kita banyak yang pastinya tahu makna kata kula nuwun. Tapi tahukahkita sebenarnya sebenarnya kenapa orang jawa mengatakan kula nuwun dan berasal dari kata apakah itu?
               
                Kula nuwun sebenarnya berasal dari kata kula yang berarti saya yang mana kula merupakan kata dari tingkatan yang sangat halu untuk menyebut saya. Seperti yang kita tahu bahasa jawa ada tingkatannya, jadi tidak heran jika menggunakan kata yang sangat halus karena kula nuwun merupakan ucapan “permisi” yang itu sebagai tanda bahwa kita menghormati atau menghargai lawan bicara.

                Yang kedua adalah kata nuwun. Kata ini sebenarnya bermakna minta yang tentunya tingkatannya sama dengan kata kata kula yang mana dari tingkatan kata halus atau sopan.
Yang tidak diketahui orang-orang adalah sebenarnya kata itu merupakan singkatan dari kata kula nuwun sewu ngapura yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka berarti “saya minta seribu maaf”. Singkat kata, karena terlalu panjang maka orang jawa menyingkatnya menjadi kula nuwun.

Jadi sekarang sudah tahu kan dari mana asal kata kula nuwun. O ya bagi yang tidak pernah belajar bahasa jawa mungkin tidak tahu cara baca yang benar. Sebenarya cara bacanya adalah  “kulo nuwon“. Namun jika kalian masih bingung juga silakan tanya ke taman kalian yang orang jawa.....hehehehhe.....semoga informasi ini bermanfaat ya........!!!!!!!!

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: