Kamis, 11 Februari 2016

DI MANAKAH BATIK MALANGAN ?



Batik yang selama ini kita banggakan, sebenarnya adalah bagian dari pakaian adat, yaitu dipakai untuk rok tradisional. Selama berratu-ratus tahun, bangsa jawa menggunakannya bukan hanya untuk pakaian adat, namun juga untuk ritual adat seperti pernikahan. Setiap daerah memiliki batiknya masing-masing sesuai daerahnya. Hal ini juga terdapat di malang yang memiliki batik malangan.
Batik yang di daerah saya disebut batik malangan ini merupakan batik yang diusung untuk mewakili identitas orang Malang. Namun, hal saya tidak mengerti adalah kenapa batik ini yang dijadikan batik daerah malang. Kalau batik ini adalah bataik khas Malang, dimanakah bukti batik malangan yang sudah berumur tua sekarang. Selama saya di Malang saya belum pernah melihat batik Malangan yang berumur cukup tua. Ini sangat aneh, mengingat batik tersebut dijadikan simbol Malang namun saya belum pernah melihatnya bukti fisiknya secara langsung.
            Kalau di Desa saya, terus terang tidak memiliki batik malangan. Mungkin karena Desa saya jauh dari pusat kota alias pinggiran yang sangat pinggir dan di perbatasan Kabupaten Malang. Namun, walaupun begitu, desa saya tetap boleh menggunakan batik malangan sebagai identitas karena Desa saya masih dalam cakupan wilayah Malang.

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: