Kamis, 11 Februari 2016

GANESA BERDIRI



      Arca atau yang dalam bahasa jawa disebut reca adalah sebuah warisan budaya masa lalu yang berupa patung atau tulisan. Di Indonesia terdapat banyak sekali arca dari peninggalan masa lalu, baik hindhu maupun budha. Salah satu dari peningggalan masa lalu tersebut adalah arca ganesha.
Di tempat saya, terdapat sebuah arca ganesha dari masa lampau. Bentuk arca ini tidak ada ubahnya dengan arca ganesha di tempat lain, namun arca yang terletak di desa Karang Kates, tidak duduk, namun berdiri.



Kata orang tua zaman dulu, ganesha di desa saya ada 2 buah, namun saat proses pemindahan ada sebuah kejadian gaib yang terjadi. Saat arca itu dipindah, di tengah perjalanan katanya arca tersebut menghilang. Sang supir kebingungan mencari arca tersebut mengira ada yang mencuri, tapi benda tersebut siapa yang bawa.  Setelah dicari, ternyata arca tersebut kembali ke asalnya, namun yang di atas tanah cuma 1 buah. Kata orang yang sesepuh desa, yang satunya lagi ada di bawahnya, dia tidak mau dipindah ke tempat lain
Jadi, sekarang sudah tahu kan peninggalan di desaku? Kalau ada waktu silakan mampir ke desa saya di Karang Kates, Malang.

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: