Rabu, 03 Februari 2016

BAJU ADAT MALANG ?




Malang adalah salah satu kota yang memiliki keanekaragaman budaya. Kota yang terletak di provinsi jawa timur ini, memiliki baju adat yang dinamakan baju malangan. Baju malangan terdiri dari udheng, Baju basofi berwarna kuning atau oranye, dan celana. Baju tersebut, sekarang  telah resmi menjadi baju adat kota malang.
Baju adat malang
Sebelumnya saya, saya juga telah membahas udheng malangan. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, entah kenapa udheng tradisional  bermotif malangan belum saya temukan hingga kini. Yang saya temukan hanyalah udheng-udheng malangan yang modern yang cara memakainya seperti topi atau blangkon. Hal ini membuat saya bertanya-tanya tentang keberadaan udheng malangan.
Saat saya masuk komunitas Hindhu di daerah saya, saya lagi-lagi tidak menemukan udheng bermotif malangan. Fakta yang saya temukan di lapangan adalah udheng yang ada di malang ternyata beraneka ragam. Saya banyak belajar membuat udheng dari umat hindhu di daerah saya. Udheng yang ada di malang yang saya pelajari sangat banyak dan bukan hanya satu. Hal ini membuktikan bahwa di Malang juga memiliki udheng yang beraneka ragam.



Baju adat khas malang

Hal yang saya temukan saat berkumpul dengan komunitas hindhu ini adalah baju adat yang ada di kota malang, ternyata ada yang mirip Bali. Mungkin anda tidak percaya atau bahkan meragukannya. Bagi orang yang tidak pernah melihat orang hindhu sembayang atau tidak pernah berkumpul dengan komunitas hindhu ini sangat tidak masuk akal atau aneh. Namun, menurut mangku di daerah saya, Bali dan Jawa adalah saudara, jadi sangat memunkinkan adanya persamaan budaya. Selain itu, pakaian tersebut adalah pakaian adat yang dipakai beliau sejak lama dan sampai sekarang, umat hindhu jawa masih mempertahankan bentuk pakaian itu, jadi tidak bisa dibilang Bali menjiplak atau jawa menjiplak. Hal itu karena sebagian orang Bali merupakan orang Jawa pada era mataram.
Nah, sudah jelas kan sekarang?
Mohon maaf kalau ada kekurangan atau kesalahan

MATUR SEMBAH NUWUN

3 komentar: