Kamis, 11 Februari 2016

DI MANAKAH KEBERADAAN UDHENG MALANGAN ?



Selama ini, kita hanya tahu bahwa udheng malangan berwarna kuning dan seperti itulah bentuknya. Udheng malangan sudah lama dijadikan ikon kota Malang. Hal ini membuat pariwisata malang, terutama penjualan udheng semakin meningkat. Selain itu, saya tertarik untuk menggali tentang keberadaan udheng malangan yang berumur cukup tua. Udheng malangan, menurut sesepuh desa yang dari kecil memakai udheng, mengatakan di desa Karang kates tidak memiliki rupa udheng seperti itu di zamannya. Baju adat malangan yang berwarna kuning atau oranyepun juga dikatakan tidak ada di desa saya.
Selama ini,saya juga tidak pernah melihat bukti fisik udheng malangan yang berumur cukup tua untuk dikatakan sebagai warisan budaya malang. Hal ini membuat saya bertanya-tanya, apakah udheng malangan memamng benar-benar ada atau ciptaan seorang seniman untuk meningkatkan pariwisata kota Malang, karena di desa saya, demi meningkatkan pariwisata ingin atau bermaksud membuat batik sendiri. Ini berarti batik tersebut bukanlah batik tradisional yang ada dari zaman dahulu. Saya tidak pernah bilang kalau benda tersebut (batik malangan) tidak ada, namun saya hanya ingin tahu keberadaan warisan budaya tersebut.
Kalau memang ada, kenapa tidak diadakan pameran udheng tradisional Malangan. Kenapa saya tidak pernah melihat udheng tradisional Malangan di berbagai museum atau pameran. Karena tidak menemukan bukti fisik udheng tersebut, saya semakin pesimis bisa menemukannya.

BAGI TEMAN-TEMAN PEMBACA YANG MUNGKIN MENEMUKAN UDHENG TRADISIONAL MALANGAN , SILAKAN HUBUNGI SAYA KARENA SAYA SANGAT INGIN MELIHAT BUKTII FISIK UDHENG TRADISIONAL YANG MENJADI BUDAYA KHAS MALANG TERSEBUT.

DI MANA UDHENG TRADISIONAL MALANGAN ?

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: