Rabu, 03 Februari 2016

BAJU ADAT KARANG KATES



DESA KALAPATRA: SETIAP DAERAH MEMILIKI TRADISINYA MASING-MASING
Baju adat khas malang
Saat saya belajar budaya jawa, hal pertama diajarkan guru saya adalah kata desa kalapatra. Saat pertama kali saya mendengar penjelasan itu, terus terang saya agak bosan karena saya ingin langsung ke intinya, yaitu belajar budaya. Namun, sekarang saya baru mengerti maksud dan tujuan guru saya itu. Ternyata, guru saya ingin saya tidak memukul rata budaya di satu daerah dengan budaya lain. Misalnya ada 2 desa yang bertetangga, namun belum tentu budayanya sama persis. Semua memiliki adat dan budayanya masing-masing.
Baju adat khas malang-baju adat karangkates
Kali ini, saya akan menjelaskan budaya atau adat yang ada di Desa saya. Baju adat di sini sama seperti baju adat umumnya orang-orang jawa timur lainnya. Bagian bawah, ada yang memakai clana kolor, ada juga yang memakai clana unjuk-unjuk (clana besar khas madura). Warna clana adalah hitam legam.
Untuk baju, memakai baju Jawa timuran seperti baju koko berwarna hitam. Walaupun masuk wilayah Malang, Desa saya memiliki tradisinya sendiri. Kalau Baju adat malangan berwarna kuning atau ornye, di desa saya hanya memakai baju serba hitam. Jadi, desa saya dan malangan tidak bisadisamakan.
Baju adat khas malang-baju adat karangkates
Bagian kepala memakai udheng yang bentuknya beraneka ragam seperti tutup liwet, jeplakan, dan lain-lain. Ini tentu berbeda dengan ikon malang yang diusung saat ini. Tapi, udheng yang dimaksud bukan udheng yang mirip blangkon yang sering dipromosikan selama ini. Udheng di Desa saya terbuat dari sehelai kain yang dililitkan sehingga membentuk-bentuk tertentu.
Jadi, itulah maksud dari desa kalapatra. Di sebuah kecamatan saja, tradisinya beda-beda. Namun yang saya tidak mengerti adalah apa dasar mengangkat baju kuning/oranye sebagai ikon Malang. Apa dasarnya dan di mana bukti fisik pakaian malangan yang berumur cukup tua yang bisa dijadikan acuan. Semoga saja pertanyaan ini bisa cepat terjawab.
Baju adat khas malang-baju adat karangkates

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: