Rabu, 03 Februari 2016

NAMA JAWA DAN BALI



OUM SWASTIYASTU
Apa kabar para pembaca?
Saya harap para pembaca dalam kondisi yang baik.
Baiklah, hari ini kita akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan nama hindhu. Nama-nama ini saya yakin di antara kita sangat familiar. Namun, kali ini saya akan membahas tentang nama-nama yang menurut sebagian orang nama hindhu. Baiklah, langsung saja.
Saat kita ke bali, pasti dijumpai nama-nama seperti ketut, made, putu, kadek, dan lain-lain. Nama-nama ini sangat familiar di daerah Bali, namun tahukah kalian nama-nama tersebut sebenarnya apa? Apakah setiap umat hindu memilikinya? Hal ini bertahun-tahun menjadi pertanyaan di benak saya, soalnya di Jawa saya tidak pernah  mendengar nama-nama seperti itu walaupun di sini ada orang hindhu
Nama-nama yang seperti di bali, sebenarnya menunjukkan kasta dan urutan anak. Nah, kenapa di Jawa tidak ada nama tersebut. Setelah saya Tanya mangku di desa saya, ternyata nama seperti itu di Jawa memang tidak ada
Lho……. Kok di bali orang hindhunya pakai nama-nama seperti itu semua?
Ternyata jawab sang mangku adalah nama-nama tersebut adalah budaya asli bali, dan di Jawa tidak ada. Ternyata itulah alas an kenapa teman-teman saya yang hindhu tidak memiliki nama yang menunjukkan kasta seperti orang Bali. Namun, di Jawa ada nama yang menunjukkan urutan.
Contoh:
Anak ke      Nama
1                  Eka
2                  Dwi
3                  Tri
4                  Catur
Misalnya anak ke-3, Jadi namanya :Tri Suhendro
Tri menunjukkan bahwa dia adalah anak ke-3, sedangkan Su bermakna kebaikan (itulah sebabnya orang jawa hampur selalu member embel-embel Su di depan nama anaknya seperti Suharto, sutrisno, dll), Yang terakhir, Kata Henro adalah nama anak tersebut.
            Nah, sekarang sudah tahu kan nama-nama khas jawa, kenapa diberi su, kenapa harus eka ? Dan yang lebih penting untuk diketahui lagi adalah Nama made, ketut, kadek, dll adalah nama orang Bali, dan bukan nama hindhu.

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: