Sabtu, 02 November 2013

ORANG JAWA JUGA TIDAK BISA BILANG "F" DAN "Z"


Kalian pasti pernah dengar bahwa orang sunda tidak bisa bilang F, V. Hal itu mungkin terdengar aneh bagi suku yang bisa mengatakan huruf tersebut. Namun tahukah kalian bahwa orang jawa pada mulanya juga tidak bisa mengatakan huruf-huruf tertentu seperti F, V, Z. Mungkin banyak orang jawa terutama dari kota yang bilang sebenarnya orang jawa bisa mengatakannya. Bagi yang bilang begitu mungkin sejak kecil dibesarkan dengan bahasa indonesia, Hidup di kota besar, tidak pernah memperhatikan aksara jawa dan lain-lain.

Jika anda tidak percaya cobalah ingat huruf inti dalam akasara jawa yang berjumlah 20 buah.

HA          NA        CA       RA        KA
DA          TA         SA       WA       LA
PA           DHA      JA       YA         NYA
MA         GA         BA      THA       NGA

Pada aksara di atas tidak ada akasara F, V, dan Z. Mungkin anda masih tidak percaya karena ada aksara tersebut dan pernah melihatnya. Sebenarnya aksara yang anda lihat itu adalah aksara yang dbuat agar orang jawa bisa membaca aksara arab yang memiliki banyak vokal dan konsonan yang tidak ada pada aksara jawa. Di zaman itu orang jawa menggunakan aksara jawa untuk membantu dalam membaca aksara arab karena itu aksara yang tadinya tidak adapun dibuat. Namun sebenarnya aksara itu pada awalnya hanya dapat dibaca oleh para ulama,kyai, atau orang yang mendalami agama islam. Itu sebabnya aksara tersebut tidak terdapat dalam aksara inti dan hanya terdapat dalam aksara tambahan.

Semoga informasi tadi berguna bagi kalian.

MATUR SEMBAH NUWUN

3 komentar:

  1. orang jawa punya huruf PHA dan JHA suaranya berdekatan dengan FA dan ZA, namun setelah aksara jawa dirampingkan menjadi 20 huruf saja maka huruf FA dan ZA masuk kedalam aksara rekan PA Cecak Telu dan JA Cecak Telu...

    BalasHapus
  2. o begitu.....terimakasih banyak atas infonya. maaf, apakah saya boleh tahu info huruf PHA dan JHA tersebut didapat dari mana? agar dapat menjadi tambahan referensi saya?

    BalasHapus
  3. coba ucapkan huruf b, d, g, h, j dengan benar

    BalasHapus