Selasa, 05 November 2013

UNIKNYA PAKAIAN ADAT SUKU TIMOR



Indonesia adalah negara dengan banyak sekali budaya. Banyak sekali budaya yang sama bahkan hamper sama, namun tidak jarang budaya itu benar-benar berbeda. Di antara banyak budaya yang unik itu terdapat pakaian adat yang sangat unik.

Pakaian orang timor adalah salah satu budaya yang sangat unik. Pakaian orang timor menurut orang asli timor yang saya temui di sebuah pameran budaya bernama saru dan hanya terdiri dari sehelai kain yang dililitkan baik perempuan maupun laki-laki. Mungkin banyak suku di Indonesia yang pakaian adat laki-laki dan perempuannya berbeda namanya. Tapi, khusus orang timor pakaian adatnya bernama sama walaupun bentuknya berbeda.

Pakaian laki-laki terdiri dari slempang dan kain yang dililitkan di perut dan panjangnya adalah dari dari perut hingga mata kaki. Seperti halnya suku lain yang ada di jawa mereka juga memakai ikat kepala, namun saya tidak tahu namanya. Lelaki timor tidak memkai baju seperti jawatapi mereka bertelanjang dada. Di zaman sekarang sering juga dipadukan dengan pakaian modern yaitu kemeja.

Untuk wanitanya terdiri dari sehelai kain yang dililitkan dari atas sampai bawah. Jadi bukan seperti orang jawa yang menjahit bajunya, orang timor hanya melilitkannya tanpa menjahitnya.

Mohon maaf jika terdapat kesalahan maupun kekurangan pada tulisan saya karena manusia tidakluput dari namanya salah dan lupa. Semoga informasi ini juga berguna bagi kalian semua sehingga kita tahu kebudayaan suku lain yang ada di Indonesia.

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: