Rabu, 20 November 2013

KETIDAK TAHUAN GENERASI MUDA TERHADAP UDHENG


blangkon
                Bicara soal udheng banyak sekali orang yang langsung menghubungkannya dengan “Bali“. Itu tidak heran, karena hanya orang bali yang memakai udheng ke mana-mana. Namun tahukah kalian udheng jawa, sunda, sasak, minang dll?
               
                Hal ini pastilah asing di telinga kita karena sudah jarang yang memakainya dalam beraktivitas. Sebenarnya banyak sekali suku di indonesia yang memiliki udheng, namun karena kurangnya promosi ke generasi muda, menjadikan generasi muda tidak lagi tahu tentang ini. Tentu saja jika tidak pernah ada usaha pelestarian, maka tradisi ini akan punah dalam waktu singkat.

udheng
                Udheng jawa adalah salah satu contohnya. Banyak orang jawa yang tahu blangkon, tapi jarang sekali yang tahu tentang udheng. Terutama generasi muda yang sudah tidak tahu lagi bahwa orang jawa juga punya udheng. Bahkan banyak sekali yang menyebut udheng dengan blangkon. Padahal udheng dan blangkon adalah sesuatu yang berbeda.Jika udheng dipakai oleh rakyat biasa, maka blangkon adalah hiasan kepala untuk bangsawan.

                Semoga setelah anda membaca artikel ini, anda lebih mencintai udheng terutama udheng yang mana merupakan ikat kepala kebanggaan bangsa kita.


MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: