Selasa, 05 November 2013

MAKNA DARI LETAK KERIS



Di antara kita pasti banyak yang tahu keris, namun tahukah kalian di bagian tubuh mana sebenarnya keris diselipkan? Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa posisi keris jawa hanya di pinggang bagian belakang saja. Tapi tahukah kalian bahwa orang jawa juga memiliki kebiasaat meletakkan keris di pinggang samping?

Orang jawa, tidak memilki kebiasaat membawa keris ke manapun dia pergi seperti halnya orang Madura yang kata teman saya yang orang Madura asli harus membawa celurit ke mana-mana. Oleh karena itu pada pakaian adat untuk rakyat, tidak terdapat sabuk atau tali untuk menyelipkan keris. Jika ingin membawa keris ke luar, biasanya keris akan diletakkan di dalam kotak dan dibungkus kain.

Tentu kita tahu pakaian adat jawa untuk kerajaan ataupun rakyat, saat mengenakkannya keris selalu diletakkan di belakang bukan? Sebenarnya itu karena dia adalah bagian dari kerajaan, karena itu mereka mengenakkannya agar dia terlihat gagah. Untuk pernikahan, keris juga diletakkan di belakang. Keris yang diletakkan di belakang, itu berarti sedang tidak berperang. Keris yang diletakkan di belakang, dimaksudkan agar penggunanya tidak mudah untuk mengambilnya. Jadi abdi dalem dan saat pernikahan keris diselipkan di belakang karena takut keris itu digunakan untuk melukai sang raja.

Jika keris diselipka di samping,maka itu berarti dia sedang dalam kondosi perang dan siap untuk membunuh lawannya. Karena itu jika diperhatikan tentara jawa zaman dulu sering menyelipkan keris di samping. Itu dimaksudkan agar dia dengan mudah mencabut kerisnya.

MATUR SEMBAH NUWUN

2 komentar:

  1. Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi pengalaman, Awal mula saya mengikuti pesugihan karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga mencapai 2Milyar lebih, awalnya saya sempat takut dan bertanya-tanya. Setahu saya yang namanya pesugihan itu pasti akan meminta tumbal seperti nyawa dari salah satu anggota keluarga dan melakukan ritual-ritual tertentu dan hal-hal menakutkan lainnya. Dan sempat bingung ketika membaca di website USTAD UJANG BUSTOMI http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ apakah iya pesugihan itu memang ada yang tidak memakan tumbal. tapi selama dua hari saya berpikir akhirnya saya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghoib 3 Milyar dengan tumbal hewan, semua petunjuk saya ikuti dan hanya dua hari. Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Ternyata pesugihan ustad.ujang bustomi berbeda dengan pesugihan yang saya kenal sebelumnya, dan tidak meminta tumbal keluarga, Jika ada teman-teman disini yang sedang kesulitan masalah ekonomi. Saya menyarankan untuk menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI di 085215951837 pasti akan di bantu

    BalasHapus