Selasa, 05 November 2013

MAKNA DARI LETAK KERIS



Di antara kita pasti banyak yang tahu keris, namun tahukah kalian di bagian tubuh mana sebenarnya keris diselipkan? Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa posisi keris jawa hanya di pinggang bagian belakang saja. Tapi tahukah kalian bahwa orang jawa juga memiliki kebiasaat meletakkan keris di pinggang samping?

Orang jawa, tidak memilki kebiasaat membawa keris ke manapun dia pergi seperti halnya orang Madura yang kata teman saya yang orang Madura asli harus membawa celurit ke mana-mana. Oleh karena itu pada pakaian adat untuk rakyat, tidak terdapat sabuk atau tali untuk menyelipkan keris. Jika ingin membawa keris ke luar, biasanya keris akan diletakkan di dalam kotak dan dibungkus kain.

Tentu kita tahu pakaian adat jawa untuk kerajaan ataupun rakyat, saat mengenakkannya keris selalu diletakkan di belakang bukan? Sebenarnya itu karena dia adalah bagian dari kerajaan, karena itu mereka mengenakkannya agar dia terlihat gagah. Untuk pernikahan, keris juga diletakkan di belakang. Keris yang diletakkan di belakang, itu berarti sedang tidak berperang. Keris yang diletakkan di belakang, dimaksudkan agar penggunanya tidak mudah untuk mengambilnya. Jadi abdi dalem dan saat pernikahan keris diselipkan di belakang karena takut keris itu digunakan untuk melukai sang raja.

Jika keris diselipka di samping,maka itu berarti dia sedang dalam kondosi perang dan siap untuk membunuh lawannya. Karena itu jika diperhatikan tentara jawa zaman dulu sering menyelipkan keris di samping. Itu dimaksudkan agar dia dengan mudah mencabut kerisnya.

MATUR SEMBAH NUWUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar