Rabu, 20 November 2013

UDHENG ATAU BLANGKON

            Banyak yang mengira benda ini adalah blangkon. Namun seenarnya benda ini adalah udheng yang sudah di mederenisasi. Udheng yang tradisional sebenarnya terbuat dari sepotong kain berukuran 1 x 1 meter. Kain ini kemudian diikatkan di kepala sehingga berbentuk seperti blangkon, namun bukan berarti blangkon dan udheng adalah sesuatu yang sama.


udheng tradisional
Alasan blangkon memiliki bentuk yang sama dengan udheng adalah bentuk blangkon sebenarnya terinspirasi dari udheng. Bentuk blangkon yang memiliki mondholan juga sebenarnya terinspirasi dari udheng yang juga memiliki mondholan yang mana mondholan sebenarnya merupakan ikatan dari rambut lelaki jawa yang dulunya panjang.

Ngomong-ngomong soal udheng, mungkin sekarang ada banyak pengrajin udheng, namun jarang sekali kita temui udheng tradisional. Bahkan yang menurut saya sangat miris adalah tidak ada pelatihan membuat udheng tradisional. Padahal kalau kita tidak melestarikannya mungkin saja udheng tradisional akan punah karena cara memakainya adalah dengan diikatkan di kepala ditambah lagi cara mengikatnya cukup rumit. Akankah kita menunggu sampai diklaim negara lain? karena orang jawa bukan hanya ada di Indonesia saja.
blangkon
udheng moderen
Tapi masalah yang menurut saya cukup serius adalah tidak ada yang tahu bedanya udheng, blangkon, dan topi. Hal ini mungkin sepele, namun aneh sekali jika orang jawa tidak bisa membedakan ketiganya mengingat ketiganya memiliki bentuk yang sanga berbeda. Jika kita tidak ada yang melestarikannya mungkin dalam beberapa tahun ke depan tidak akan ada yang tahu kebudayaan ini.

MATUR SEMBAH NUWUN

2 komentar:

  1. CERITA NYATA PENJUAL SAYUR JADI MILYADER"
    ------------------------------------------------------------------
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
    Saya ibu kartini asal Surakarta, jawa tengah keseharian saya sibuk dengan berjualan sayuran di pasar, pada jam 04:00 wib subuh saya sudah berangkat ke pasar untuk berjualan dan ketika sampai di pasar tersebut saya sangat shock karna pasar tempat satu2nya saya mengaut rezeky ludes terbakar api, dengan insiden itu saya jatuh miskin rumah saya pasti akan di sita karna modal untuk beli lapak hasil dari kredit bank dengan jaminan sertifikat rumah saya, sebulan setelah musibah itu apa yang saya kwatirkan pun terjadi pihak dari bank datang untuk menagi Rp.120juta, namun saya meminta waktu 15 hari untuk mencari pinjaman dulu, saya mencari bantuan selama 7 hari tapi saya cuma mendapat pinjaman dari keluarga dan kerabat hanya 9juta, tentu belum cukup untuk bayar hutang, saya sudah putus asah bingung harus pinjam kemana lagi untuk mencari kekurangannya, singkat cerita ketika saya sedang berjalan saya bertemu teman semasa SMA dulu pakaiannya sangat bagus dan memakai perhisan yang sangat mencolok, saya pun menceritakan masalah yang tengah saya hadapi sekarang ini, dia tersenyum dan siap membantu saya itu yang teman saya katakan, saya pun di suruh mampir kerumahnya untuk mencerikan darimana kekayaan yang dia dapatkan, saya di beritahu klau semua masalah saya akan teratasi dengan bantuan paranormal, teman saya bercerita tentang kelebihan aky sadewa dalam menarik uang ghaib dan teman saya sudah di bantu oleh beliu dengan uang ghaib 3milyar dan dia gunakan untuk beli rumah dan buka usaha hingga dia sukses seperti sekarang ini, saya tidak pikir panjang setelah mendengar cerita dari teman saya langsung minta nomor aky sadewa dan menelpon beliu untuk meminta bantuan, setelah saya konsultasi aky langsung menjelaskan semua proses dan biaya ritualnya saya pun setuju dan siap untuk melaksanakan syaratnya karna ritual aky sadewa ritual islami tanpa tumbal, dan syarat utama untuk sukses harus menyedekahkan sebagian hasil uang ghaib itu, dengan modal uang hasil pinjaman yang saya dapatkan saya meminta aky sadewa untuk meritualkan penarikan uang ghaib 5 milyar setelah smuanya terlaksana aky sadewa meminta saya untuk membuka lemari di kamar saya dan ternyata lemari sudah terisi uang ghaib 5milyar alhamdulillah saya ucapakan puji syukur atas kekuasaan allah dengan adanya ritual islami aky sadewa hutang2 saya pasti lunas, terima kasih atas bantuannya aky semoga aky diberkahi allah amiin, kini saya tidak jualan di pasar lagi dengan hasil uang ghaib aky sadewa saya sudah punya toko swalayan lantai 2 jualan sayuran dan bahan kebutuhan rumah tangga, sukses dalam bisnis, rumah mewah mobil, perhiasan sudah saya dapatkan, Jika teman teman mau sukses dan kaya seprti saya dan teman saya jangan tunda lagi segera hubungi aki sadewa ahli ritual islami nyata tanpa gagal dan tumbal.
    ======================================
    AHLI RITUAL ISLAMI
    Nama: Aky Sadewa
    Nomor : 08 23 99 66 68 29
    Website: https://akysadewaritualislami.blogspot.co.id/

    BalasHapus