Selasa, 05 November 2013

PENARI REMO ADALAH LAKI-LAKI



Remo merupakan salah satu bukti kekayaan budaya bangsa jawa yang sangat luhur. Tarian yang banyak ditarikan ini memiliki gerakan yang tegas di banding tarian jawa yang lain. Tapi tahukah kalian sebenarnya tari remo ini ditarikan untuk siapa? Pasti banyak yang tidak tahu bukan? Baik akan kita bahas, sebenarnya siapa yang menarikan tari remo pada awalnya.

                Mungkin banyak yang mengira tari remo sejak dulu ditarikan oleh perempuan. Jika anda berfikir begitu maka anda salah besar. Tari remo yang tegas dari awal memang bukan ditujukan untuk perempuan oleh karena itu gerakannya sangat tegas. Agar kalian mengerti, maka kita bahas saja:

1.       Dalam tari remo terdapat gerakan mengangkang yang mana seharusnya gerakan itu hanya untuk lelaki. Perempuan jawa zaman dulu dilarang mengangkang karena selain jika pakai jarik kaki tidak bisa dibuka, perempuan yang membuka kainya dianggap wanita murahan. Karena gerakan remo semuanya mengangkang, maka dapat dipastikan bahwa dulunya ini adalah tarian untuk lelaki.

2.       Saat menari, sang penari memakai keris, namun jika kita lihat dari sisi budaya jawa maka keris hanya dipakai oleh lelaki jawa saja.

3.       Para penari memakai celana, namun celana hanya dipakai oleh lelaki jawa saja. Lelaki boleh memakai jari, namun perempuan tidak diizinkan untuk memakai celana.

4.       Penari memakai udheng, namun udheng seharusnya hanya dipakai oleh lelaki jawa saja.

Pada awalnya, tari remo hanya ditarikan oleh lelaki saja, namun karena gerkan lelaki sangat kaku, maka penari remo yang tadinya lelaki, diganti dengan perempuan yang mana memiliki gerakan bagus.

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: