Sabtu, 02 November 2013

KEBIASAAN MAKAN ORANG JAWA


Di Indonesia terdapat lebih dari 200 suku bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya. Tidak jarang keanekaragaman itu membuat kita heran dan merasa aneh dengan kebudayaan suku bangsa lain. Salah satu keanekaragaman itu adalah pola pikir mengenai tata cara makan.

Orang jawa memiliki kebiasaan yang mungkin aneh disbanding suku lain. Saat kita makan kita tidak boleh mengeluarkan suara karena dianggap mirip hewan terutama sapi yang jika makan mereka selalu mengeluarkan suara. Pada zaman dulu orang jawa makan dengan piring yang terbuat dari tanah liat sehingga sebelum meletakkan makanan akan diberi sehelai daun pisang karena jika tidk makanan akan kotor. Orang jawa, sama seperti halnya suku lain,tidak punya alat makan. Oleh karena itu orang jawa menggunakan tangan saat makan. Di zaman sekarang piring sudah terbuat dari keramik dan sendok bisa dijumpai dimana-mana karena itu orang jawa sekarang makan menggunakan sendok. Namun kebiasaan makan pakai tangan tetap tidak bisa hilang terutama saat prosesi adat seperti “genduren“.

Yang unik pada orang jawa lainnya adalah suka makan di atas lantau dan tidak terlalu suka makan di kursi seperti suku batak atau orang barat. Saat makan laki-laki duduk bersila sedangkan wanita duduk dengan merapatkan selakangannya karena jika membuka selakangan dianggap tidak sopan, selain itu pakaian adat wanita zaman dulu tidak memungkinkan wanita untuk duduk mengangkan.

Saat makan bersama keluarga atau ada acara makan bersama anggota keluarga atau tamu akan mengellilingi nasi dan lauk dan biasanya ada acara basa basi dulu. Maksudnya tuan ruah akan menyuruh tamu makan dulu dan tamu biasanya akan mengatakan “tidak, sudah kenyang, sudah makan” dan lain-lain, yang mana hanya untuk basa basi dan bukan berarti tamu tersebut tidak menyukai makanannya. Setelah beberpa lama tuan rumah memaksa tamu untuk makan tamupun langsung makan dengan wajah malu-malu. Namun biasanya jika tamu tidak mau juga tuan rumah akan makan lebih dulu agar tamu tidak malu untuk makan karena biasanya tamu menganggap “tuan rumah saja tidak makan, masak saya makan terlebih dulu”. Mungkin ini sedikit rumit karena tidak ada aturan pasti siapa dulu yang harus makan. Namun jika tidak ada ini bisa dianggap tidak sopan.

Setelah makan maka kita membasuh tangan dengan air kobokan yang telah disediakan. Kadang-kadang dalam air koboka ada kemang yang bisa menghilangkan bau pada tangan yang telah menyentuh makanan.
Sekarang kalian sudah tahu kebiasaan makan orang jawa? Semoga informasi ini berguna bagikalian semua. 

MATUR SEMBAH NUWUN

2 komentar: