Minggu, 18 Juli 2010

APAKAH BALI BAGIAN DARI INDONSIA?


     Di Jepang ada sebuah pembicaraan aneh yang mungkin membuat kita tertawa terpingkal-pingkal atau membuat kita merasa aneh dengan orang jepang.pertama-tama kita mulai dari Bali yang dijuluki dengan pulau dewata.Kita sebagai bangsa indonesia tentu ikut bangga dengan Bali.Bali sering sekali didatangi turis dari luar negeri.Tapi tahukah mereka tentang bali?apa sajakah yang mereka tahu tentang Bali sebagai salah satu pulau di Indonesia yang punya seribu keindahan?
     Kakak tingkat saya yang jurusan S1 Sastra Jepang di Universitas Brawijaya banyak sekali yang pergi ke Jepang setelah mendapat beasiswa.Di sana mereka diajak berkeliling oleh orang jepang untuk melihat keindahan negeri sakura itu.
Kemudian,setelah setelah beberapa hari di sana kakak tingkat saya diajak ke sebuah Universitas di sana yang saya lupa apa nama universitasnya.Di sana mereka bertemu seorang pembalajar bahasa Indonesia di universitas tersebut.Tentu saja mereka saling menceritakan pengalaman mereka dan tidak lupa juga saling menceritakan tentang negeri masing masing
     Lalu,orang jepang itu bercerita tentang pengalamannya di Bali.Orang jepang itupun berkata”eh aku pernah ke Bali lho di situ keren lho,Itu lho yang deket Indonesia”.”Ha deket Indonesia,Indonesia dan bali kan emang satu negara!”sahut kakak tingkat saya.”Bukan bukan Bali itu negara yang deket Indonesia,bukan di indoesia!”.”Bukan begitu,Bali adalah salah satu pulau di Indonesia”sahut kakak tingkat saja.Setelah beberapa dama kakak tingkat saya menjelaskan akhirnya orang jepang itupun tahu bahwa Bali dan Indonesia adalah sama dan Bali adalah bagian dari Indonesia.
     Dari pembicaraan itu kita bisa tahu bahwa orang jepang tahu banyak tentang Bali tetapi tidak tahu banyak tentang Indonesia sebagai negara kepulauan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar