Senin, 29 Desember 2014

NAMA-NAMA UDHENG JAWA


Di antara para pembaca pasti sudah tahu tentang udheng dan filosofinya, nah kali ini saya akan member tahu nama dari udheng tersebut. Namun, saya tidak akan member tahu semuanya dikarenakan keterbatasan data. Namun untuk melengkapi artikel mengenai udheng jawa, saya akan terus mencari data guna melengkapi data saya. Baiklah, langsung saja kita mulai.
1.      Tutup liwet
Karena udheng ini berbentuk seperti bungkus liwet, maka udheng ini diberi nama udheng tutup liwet. Udheng tutup liwet, memiliki ciri yang cukup menonjol dibanding udheng lainnya, yaitu di bagian sisi kanan dan kiri atas terdapat tanduk. Di bagian tengah depan ada segi tiga kecil yang mengarah ke kening. Agar lebih jelas, silakan lihat gambar di bawah ini.


2.      Jingkengan
Bentuk udheng ini murip blangkon dan memiliki mondholan atau tonjolan di bagian belakang. Mondholan ini sebenarnya adalah rambut yang digelung atau diikat di belakang kepala.

3.      Jeplakan
Model udheng jeplakan adalah udheng yang cukup mudah dikenali dan cukup sering dipakai oleh orang jawa di Surabaya. Ciri khas udheng ini adalah segi tiga di bagian belakang yang menjulang ke atas.

4.      Kemplengan
Sekilas, udheng jeplakan dan kemplengan sangat mirip dan susah sekali dibendakan karena perbedaannya sangatlah kecil. Perbedaan udheng tersebut adalah jika ikatan bagian belakang jeplakan tidak mengarah ke atas, maka ikatan belakang udheng kemplengan  mengarah ke atas. Agar lebih jelas silakan lihat gambar

            Baiklah, sekian dulu. Semoga informasi yang saya berikan berguna.
            MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: