Minggu, 21 Desember 2014

SIAPA SEBENARNYA WAROG?


Warog……mungkin kata ini sudah tidak asing lagi bagi pecinta budaya, khususnya budaya jawa. Namun, pernahkah kita bertanya, siapa sebenarnya warog itu?.................Hari ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang warog yang saya dapat dari orang dari Gunung Kawi. Baiklah, untuk mempersingkat waktu langsung saja kita bahas.

Warog merupakan orang berkasta ksatriya yang memiliki ilmu lebih tinggi dari orang biasa. Karena ilmunya, warog banyak menjabat sebagai prajuri, pejabat, atau petinggi di suatu daerah, namun kadang ada juga yang menjadi rakyat jelata tapi kebanyakan menjadi panglima perang atau pejabat pemerintahan.
Hal yang mengejutkan lagi adalah walaupun bertampang seram, berjenggot, namun warog sebenarnya masih keturunan raja. Lalu kenapa tidak ada yang menjadi raja? Sebenarnya, banyak dari warog yang menjadi raja, namun tidak semua dikarenakan jumlah warog sangat banyak dan mustahil setiap warog menjadi raja.
Pakaian yang dikenakan warog hampir sama dengan yang dikenakan oleh warog pada pertunjukan reog ponorogo, yaitu memakai baju berwarna hitam seperti orang Madura, celana yang dipakai ada yang celana kolor dan ada pula celana unjuk-unjuk seperto orang Madura dan memakai sabuk kulit seperti orang madura. Yang membedakannya adalah warna kaus yang dipakai bukan merah putih, melainkan hanya berwarna putih.
Udheng atau iket yang dipakai warog adalah berwarna hitam dengan motif batik berwarna putih. Maaf jika informasinya hanya sedikit.
MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: