Selasa, 02 Desember 2014

TUTORIAL MEMBUAT UDHENG JAWA (1)

Sebelumnya, telah dibahas mengenai jenis-jenis udheng atau iket khususnya jawa. Jadi orang jawa tidak hanya punya 1 jenis udheng, namun udheng jawa memiliki banyak jenis  atau bentuk dan setiap orang atau keluarga memiliki detail pemakaian yang berbeda-beda walaupun menggunakan udheng yang sama. Nah, kali ini, kita akan belajar membuat salah satu udheng jawa.

Cara paling mudah untuk membentuk sebuah udheng adalah dengan diletakkan atau dilipat di atas lantai sebagai berikut. Jadi, pertama-tama, letakkan dan bentangkan kain udheng di atas lantai seperti gambar di bawah ini.



Langkah nomor 2 adalah dengan melipat udheng menjadi berbentuk segitiga seperti gambar di bawah ini.


1

Anda dapat menarik bagian BELAKANG udheng seperti gambar kanan atas atau membiarkannya saja. Dikarenakan dalam membuat udheng terdapat banyak versi, anda dapat memmakai salah satu versi.  Langkah selanjutnya adalah melipat udheng seperti gambar di bawah ini.

3

 4

5

Setelah melipat seperti gambar di atas, langkah selanjutnya adalah mengikatkan udheng di kepala anda seperti gambar di bawah ini.

 6
Bagian segitiga diletakkan di depan dan diikat pada bagian depan seperti gambar di atas. 

Gambar di bawah adalah gambar udheng sebelum diikat tampak bawah kanan dan kiri



Langkah terakhir adalah dengan mengikatkan ujung udheng menghadap keatas seperti gambar di bawah ini dan BUKAN KE BAWAH.

Tampak Samping

Tampak Depan

Udheng jenis ini , segitiganya bukan hanya yang berdiri saja, namun juga ada yang segitiganya diturunkan seperti di bawah dan juga dimiringkan ke kanan atau kiri.

.

Nah anda sekarang siap bergaya dengan udheng anda……..HEHEHEHEHEHEHE…………..!!!!!!!!
MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: