Selasa, 15 November 2016

UDENG KHAS MALANG - UDENG LAMA DIGANTIKAN UDENG BARU



Udeng khas Malang yang sekarang ini kita ketahui adalah udeng pis seperti gambar di atas. Udeng ini ditetapkan menjadi udeng khas malang sudah bertahun-tahun lamanya. Walaupun filosofi udeng ini tidak diketahui, baik dari segi bentuk dan motif, namun pemerintah menetapkannya menjadi udeng khas Malang. Yang lebih miris lagi adalah cara membuatnya tidak diketahui dan tutorial udeng ini tidak ada di internet. Bagaimana dengan Dinas Kebudayaan Kota Malang dan Kabupaten Malang? Sampai detik ini, saya belum mendapat konfirmasi dari Dinas Kebudayaan Kabupaten atau Kota tentang filosofi dan cara membuat udeng tersebut, padahal Bandung telah membuat tutorial seluruh udeng mereka.
Udeng pis - udeng khas malang yang lama


udeng pis - udeng khas malang yang lama


Baiklah, untuk mempersingkat waktu mari kita bahas udeng khas Malang yang sekarang. Udeng khas malang yang sekarang bernama udeng kemplengan yang bermakna tangguh. Udeng ini telah diresmikan menjadi udeng khas Malang pada tahun 2016. Ini juga berarti udeng ini telah menggantikan udeng khas Malang yang sebelumnya. Selain itu, udeng ini juga memiliki nama dan filosofi yang indah. Berikut ini adalah bentuk dan penjelasan mengenai udeng tersebut:

UDHENG KHAS MALANG
KEMPLENGAN
Udeng khas malang - udeng kemplengan


FILOSOFI
*Gunungan:
Gunungan yang terdapat pada baguan belakang udheng melambangkan kekuatan rakyat jawa yang kokoh bagai gunung dan juga merupakan lambang harapan yang tinggi.
*Jeprakan:
Jeprakan pada sisi kanan dan kiri memiliki tinggi yang sama, melambangkan keseimbangan pada hidup yang berarti kita harus adil atau seimbang dalam melakukan sesuatu.
*Puteran:
Pada bagian depan, udheng diputar, ini melambangkan keterkaitan pada hal-hal yang berkebalikan itu tidak bisa dipisahkan, misalnya: siang-malam, baik-buruk, tua-muda, dll.
*Tali wangsul:
Lambing orang jawa yang mana saat meninggal nanti akan wangsul atau pulang ke sang pencipta. Ikatan yang dihadapkan ke atas juga bermakna kita harus ingat kepada Tuhan.

Berikut ini adalah tutorial udeng kemplengan:
TUTORIAL UDENG KHAS MALANG - UDENG KEMPLENGAN


MATUR SEMBAH NUWUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar