Senin, 25 Maret 2019

JURU KUNCI-PROFESI UNTUK BAKTI KE LELUHUR

Juru kunci, merupakan salah satu profesi yang penting di Indonesia, terutama di Tanah Jawa yang mana terdapat puluhan situs-situs era kerajaan. Situs ini, umumnya banayak yang tidak terawat dan terbengkalai, sehingga dikhawatirkan terjadi kerusakan pada situs. Juru kunci merupakan profesi atau pekerjaan penting guna merawat candi agar tidak rusak atau agar tidak terkena vandalisme.

Di karangkates, juga terdapat juru kunci yang senantiasa menjaga dan merawat situs kebanggaan desa karangkates yaitu arca ganesha berdiri beraliran tantrayana era kerajaan singasari. Juru kunci di sini bertugas membersihkan dan merawat area sekitar arca, bukan hanya itu seorang juru kunci juga dituntut untuk mengetahui kebutuhan arca baik yang berupa fisik seperti kebersihan dan perawatan, tapi juga unsure spiritual yang berhubungan dengan upacara yang biasa dan bisa dilakukan di arca.

Kalau dari segi pendapatan, juru kunci yang sekarang digaji dengan gaji yang lumayan oleh Dinas Purbakala yang berada di daerah Trowulan. Untuk jam kerja, menurut juru kunci arca ganesha desa karangkates dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Walaupun memiliki gaji tetap dan dapat diambil tiap bulan, juru kunci memang lebih dituntut untuk ikhlas dalam bekerja karena terkadang para pengunjung yang dating tak mampu memberi uang, adapun kadang hanya sedikit mengingat tak semua masyarakat yang datang dari kalangan kaya.

Itu masih belum seberapa bila dibanding pekerjaan tambahan yaitu mengawal upacara adat ataupun upacara hindu maupun budha yang dilaksanakan di sana, memang umat yang datang pasti akan memberi uang sesuai dengan kemampuan mereka, namun seyogyanya uang bukanlah yang utama bagi seorang juru kunci. Juru kunci memang dari awal dituntut untuk berbakti untuk menjaga situs lahir secara dan batin.

Yang tidak kalah penting dari seorang juru kunci adalah pengetahuan mengenai kesejarahan dari situs yang dijaga. Hal ini sangat penting, mengingat situs merupakan warisan leluhur yang dapat menjadi bukti kebesaran bangsa kita, sehingga bila ada pengunjung yang datang, juru kunci dapat menceritakan mengenai kesejarahan situs agar dapat meningkatkan kepedulian para pengunjung yang datang.

Sekedar informasi, bila ingin ke Arca Ganesha Desa Karangkates, bisa turun di Masjid Al Ikhlas, kemudian masuk terus hingga mentok. Situs terletak di sebelah pohon beringin.

MARI KITA JAGA WARISAN LELUHUR


Tidak ada komentar:

Posting Komentar