Senin, 25 Maret 2019

FAKTA-FAKTA JURU KUNCI


juru kunci arca ganesha karangkates
Bila kita mendengar kata juru kunci, pasti yang terbersit di benak kita adalah orang tua yang selalu menunggu suatu situs. Profesi yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang ini, ternyata juga merupakan unsur terpenting dalam menjaga warisan leluhur. Tanpa juru kunci, pastilah kita kesulitan dalam menjaga situs, salah satunya adalah situs yang ada di Desa Karangkates, Kabupaten malang atau yang biasa disebut Arca Ganesha Berdiri. Namun, tahukah anda bahwa ada beberapa fakta menarik yang mungkin jarang sekali diketahui orang.

1.      Digaji oleh dinas purbakala
Seorang juru kunci memiliki gaji tetap dan digaji oleh dinas purbakala dengan gaji yang lumayan, sehingga tak perlu lagi menghawatirkan mengenai kebutuhan sehari-hari. Selain itu, di tiap acara atau upacara yang dilakukan di situs yang ia jaga, juga masih mendapatkan uang seikhlasnya dari orang-orang.

2.      Menjaga situs dengan tulus ikhlas
Seorang juru kunci memang memiliki gaji tetap, namun keikhlasan untuk menjaga warisan leluhur adalah yang diutamakan, karena uang yang didapat dari pengunjung tak banyak disebabkan minat masyarakan untuk dating juga kecil.

3.      Ada tes untuk penerimaan juru kunci baru
Bila ingin melamar menjadi seorang juru kunci, bisa mengajukan lamaran ke dinas purbakala yang menaungi situs tersebut. Setelah melamar, maka akan ada tes tulis yang diselenggarakan oleh Dinas Purbakala. Tes yang berupa tes tulis ini katanya tak sesulit tes PNS.

4.      Punya seragam dinas
Seorang juru kunci ternyata dibekali seragam oleh Dinas Purbakala sehingga kita bisa membedakan antara juru kunci dan pengunjung.

5.      Bisa diangkat menjadi PNS
Seorang juru kunci ternyata juga bisa diangkat menjadi PNS dengan catatan tertentu yang salah satunya adalah berusia di bawah 35 tahun.

6.      Mendapat pendidikan
Seorang juru kunci mendapat penataran setiap setahun sekali sehingga mereka dapat bekerja dengan efisien dan maksimal. Pendidikan yang diberikan berupa cara membersihkan situs dan memberikan sebuah kertas selebaran mengenai kesejarahan situs. Selain itu, seluruh alat untuk membersihkan situs juga tak lupa diberikan oleh Dinas Purbakala.


Semoga para pembaca yang membaca artikel saya semakin cinta dengan situs warisan leluhur, terutama wargadesa Karangkates, semoga dapat mencintai Arca Ganesha Berdiri Desa Karangkates.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar