Jumat, 01 Februari 2019

SALAKARA (SUARA ALAM KARANGKATES)-POTENSI DESA KARANGKATES


Desa karangkates merupakan desa di ujung Kabupates Malang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Blitar. Di desa ini terdapat banyak sekali potensi di berbagai sector yang meneurut saya belum sempat tergali. Banyak sekali potensi-potensi yang muncul masih belum mendapat perhatian pemerintah secara maksimal. Melihat banyaknya potensi terpendam di desa perdikan ini, para penggiat wisata dan budaya Desa Karangkates berusaha keras menggali dan mengangkat beberapa sektor, salah satunya adalah dari music yaitu SALAKARA yang merupakan singkatan dari “Suara Alam Karangkates”.
SALAKARA-KARANGKATES
Grup musik yang dibentuk sebelum GPG III ini memiliki jenis musik kontemporer, yaitu menggabungkan muik tradisional dan modern, sehingga dapat menarik kalangan muda untuk mencintai tradisi Jawa. Jenis music semacam itu juga akan memberi warna lain pada kesenian di Desa Karangkates, khsusnya pada festival yang diselenggarakan di Desa karangkates seperti GPG (Gendang Purnama Ganesha) dan FKL (Festival Kampung Lumpang) yang mana merupakan agenda tahunan.
Untuk logo, salakara memilih logo daun papaya yang dalam bahasa jawa disebut kates. Logo ini dipilih karena diharap mampu mendongkrak nama karang kates yang mana berarti “kebun pepaya”. Selain itu papaya yang dinilai makanan yang enak, segar serta menyehatkan juga diharap dapat menjadi potensi  dan ciri khas Desa Karangkates berikutnya.
Salakara yang dalam setiap penampilannya selalu berbuana adat ini punya misi menjadikan Desa Karangkates yang merupakan daerah pinggiran menjadi daerah wisata seperti Jogja. Baju adat yang dinilai merupakan salah satu kearifan lokal khususnya di Desa Karangkates. Baju adat yang mereka pakaipun juga adalah baju adat jawa timuran yang disebut angkong dan lengkap dengan udheng khas malangannya sehingga dapat juga mengangkat nama Malang sebagai Kota Wisata Budaya yang sama seperti Jogja dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakatnya melalui pariwisata.

*ANGGOTA SALAKARA
Grup music yang diketuai oleh Iwan Geyzer ini memiliki 5 personil yaitu :
Iwan Geyzer         : Keyboard (Ketua)
Yogi                      : Seruling
Udin                      : Bass
Deden                   : Gitar
 Gede                    : Perkusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar