Selasa, 29 Januari 2019

PATROL GANESHA-POTENSI DESA KARANGKATES


Karangkates yang merupakan sebuah wilayah yang paling ujung dari Kabupaten Malang memiliki banyak sekali potensi wisata, baik yang sudah tergali maupun yang belum tergali.
Dari segi geografis, wilayah Karangkates juga memiliki wilyah yang cukup luas bila dibandingkan desa yang lain sehingga banyak sekali potensi alam yang dimiliki. Dari segi budaya, desa yang memiliki 40 RT ini juga memiliki potensi budaya yang sangat melimpah, salah satunya adalah patrol.
Paguyuban patrol yang diberi nama Patrol Ganesha Karangkate ini memiliki anggota yang didominasi oleh emak-emak yang berjiwa tangguh. Walaupun usia tak muda lagi, namun jangan remehkan gerakan mereka yang ternyata masih sangat lincah di panggung. Dengan alat music yang didominasi alat music bamboo, mereka ternyata tak malu-malu untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam bermain music di atas panggung.
Paguyuban yang diketuai oleh Mas Agus ini bertujuan untuk meningkatkan potensi desa pada umumnya dan meningkatkan kreativitas ibu-ibu dan emak-emak yang konon sudah tak mampu lagi melakukan apa-apa. Di dalam pagyuban ini, Mas Agus setiap minggunya melatih ibu-ibu dibantu oleh Bapak Sis sebagai pemain gamelan. Melalui paguyuban ini, ibu-ibu yang biasanya Cuma nongkrong dan ngerumpi jadi punya kegiatan positif yang juga bisa membuat mereka senang.
Dari segi pretasi, paguyuban yang terdiri dari tiga puluh lima emak-emak ini sudah pernah tampil di dua festival besar Desa Karangkates yaitu Festival Gendang Purnama Ganesha (GPG) dan Festival Kampung Lumpang (FKL). Festival yang diadakan tiap tahun sekali ini merupakan saksi hidup dari perjuangan emak-emak hebat yang memiliki jiwa muda dan penuh semangat.
Di samping terdapat anggota dari kalangan emak-emak, ternyata paguyuban ini juga memiliki anggota yang masih terbilang sangat muda. Anggota yang masih kelas 4 SD yang bernama iniaditya ini ternyata merupakan anak dari Bapak Sis. Generasi muda yang nantinya akan meneruskan jejak para seniornya ini tentu bisa menjadi contoh bagi anak muda lain untuk ikut berkreasi dalam dunia seni dan budaya agar dapat mengharumkan nama desa dalam hal-hal yang positif.
Di setiap penampilannya, paguyuban ini tak lupa juga memakai seragam yang menjadi identitas mereka agar penampilan semakin menarik. Seragam yang didapat dari dana swadaya anggota ini tak kalah bila disbanding penampil lainnya. Dengan adanya seragam, tentu penampilan mereka juga terlihat semakin kompak dan memukau mata penonton yang melihatnya.
Patrol yang menjadi kegiatan positif bagi Warga Karangkates ini sudah selayaknya kita dukung khususnya bagi warga Desa Karangkates sehingga dapat juga mendatangkan potensi wisata dan membuat Desa Karangkates menjadi Desa Wisata. Dengan terciptanya desa wisata di Karangkates, maka ekonomi kreatif dapat berkembang dan pergerakan roda ekonomi kreatif pun juga dapat berjalan semakin cepat.

*INFORMASI TAMBAHAN
Nomor induk                : 431/27/35.07.12/2018
Tanggal terbentuk        : 14 Februari 2015
Nama organisasi           : Patrol Ganesha Karangkates
Ketua organisasi           : Agus Prihmanoto
Penanggung jawab       : Arief Syaifullah (Pak Wo)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar