Senin, 21 Januari 2019

SANGGAR TARI PANJI WIGNESWARA-POTENSI DESA KARANGKATES


Sanggar yang didirikan setahun yang lalu ini merupakan sanggar milik desa Karangkates yang sangat berharga karena dengan adanya sanggar desa, warga mampu mengekspresikan jiwa seninya. Warga yang anaknya memiliki hobi menari juga bisa langsung mendaftarkan anaknya di sanggar ini, sehigga potensi-potensi muda bisa muncul guna mengangkat nama Desa Karangkates sebagai Desa Wisata dan dapat bersaing dengan desa-desa wisata lainnya dan dapat menjadi desa mandiri yang berpenghasilan besar khususnya dari sector wisata. Seperti halnya Kampung Polowijen, Kampung Tridi, dll, karangkatespun juga bertekat untuk bersaing dengan desa yang lain, oleh karena itu bibit-bibit muda harus sudah mulai dipersiapkan.
Saat ini, Desa Karangkates sudah memiliki Program Sanggar yang diberi nama “Sanggar Tari Panji Wigneswara”. Sanggar ini sebenarnya digagas oleh Bapak Arief Syaifullah atau yang lebih dikenal sebagai nama Pak Wo sejak Festival Gendang Purnama Ganesha I (GPG I), namun untuk eksekusinya baru bisa terlaksana setelah GPG II.
Saat ini, Sanggar memiliki tiga pelatih tari yaitu Mbak Ririn, Mbak Diah, dan Mbak Mita dan memiliki lebih dari 50 siswa. Sanggar yang terletak di Balai Desa Karangkates ini memeilih Grdung pemerintah desa sebagai latihan agar mudah dijangkau dan mudah dikenal.
Untuk meningkatkan mutu, para guru tari senantiasa menyusun materi latihan dengan baik agar siswa benar-benar memiliki daya saing yang sama atau lebih daraipada yang lain. Selain itu, para siswa di Sanggar inipun memiliki rapor sebagai standarisasi mereka yang mana nilainya didapatkan dengan jalan tes pada akhir latihan.
Berikut ini adalah jadual latihan Sanggar Tari Panji Wigneswara

-Sanggar dibagi menjadi 3 kelas-
kelas indra (usia 4-8 tahun) jam 11.00-12.30
kelas dewasa (16 tahun ke atas)jam 12.30-14.00
kelas madya(usia 9-15 tahun) jam 14.00-15.30


Peserta bersifat umum
Untuk pendaftaran bisa dilakukan di Balai Desa Karangkates atau datang langsung saat latihan.
Untuk pendaftaran dan latihan bersifat gratis

Murid-murid sanggar tari ini juga telah tampil di berbagai festival budaya yang salah satunya adalah Festival Gendang Purnama Ganesha-Desa Karangkates.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar