Senin, 03 Juli 2017

PATROLI KELILING PERANGKAT DESA KARANGKATES



Semenjak bersih desa, banyak kejadian di sekitar Desa Karngkates. Mulai dari pencurian, tawuran, dan lain-lain. Kejadian yang terus menerus terjadi ini, tentu meresahkan warga Desa Karangkates, sehingga muncullah ide patroli yang dilaksanakan setiap malam yang dicetuskanoleh 4 perangkat, yaitu Mas Yogi, P. Arief Syaifullah (pak wo), Mas Puji, dan Mas Farid (petengan). Selain itu ada juga Pak RT 35 (P. Tamsin), Theo, Mas wawan(mas kenthik) dan juga saya yang ikut membantu.
Patroli biasanya diawali dengan kumpul-kumpul di Balai desa atau rumah Mas farid sekitar jam 9 atau 10. Di sana, terlebih dahulu para perangkat membicarakan wilayah mana saja yang akan dilintasi dan apa yang akan dilakukan di setiap titik. Tidak lupa juga, para perangkat berdiskusi juga mengenai pembangunan desa agar desa kedepannya lebih maju dan lebih baik lagi.
Selanjutnya, patroli dimulai jam 11 dan titik yang disasar biasanya adalah daerah rawan atau daerah yang sepi seperti gedung serbaguna, gardu pandang, dll. Dari hasil patroli kadang didapati pencuri, anak tawuran, mesum, orang hilang,dll. Saat keliling, tidaklupa juga para perangkat dibekali HT yang berfungsi mempercepat komunikasi.
Selain daerah rawan, Pos-pos ronda juga merupakan daerah yang tak kalah penting, karena darisitu kita bisa mendapat informasi dari masyarakat mengenai keamanan dusun, RW, dan RT. Selain itu, dengan mendatangi Pos ronda di tiap RT, kita bisa mendengar keluh kesah masyarakat mengenai desa. Apa yang dikeluhkan masyarakat, apa yang diinginkan masyarakat, adakah warga takmampu di sekitar situ, dll.
Patroliyang diakhiri sekitar pukul 2 ini dilaksanakan tiaphari tanpa kenal lelah. Halini untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di lingkungan desa karangkates. Semoga halini dapat berlanjut agar desa tetapaman dan tentram.

MATUR SEMBAH NUWUN

1 komentar: