Jumat, 04 Agustus 2017

UDHENG KHAS MALANG-UMBULKAN




Banyak di antara kita yang tahu baju malang dari gambar, banyak yang mungkin tahu saat melihat festival, namun tahukah kamu detail baju adat malang. Apa filosofi di baliknya. Atau bahkan mendengar langsung dari Dinas Kebudayaan Kota maupun Kabupaten Malang. Baiklah, kali ini akan saya bahas mengenai busana adat malang.
UDHENG
Bagian kepala, memakai ikat kepala yang dinamakan udheng. Udheng merupakan kain segi empat yang diikatkan di kepala dan membantuk bentuk tertentu. untuk bentuk dari udheng khas malang sendiri merupakan udheng kemplengan. Mengenai tutorial udheng khas malang sendiri, bias dicari di yotube dengan judul “udeng khas malang”. Berikut ini adalah bentuk dari udheng khas malang.
Udheng khas malang dinamamakan udheng kemplengan yang bermakna tangguh. Udheng berasal dari kata mudheng/paham. Jadi, manusia harus paham segala aturan di dunia ini. Udheng malangan yang memiliki jeprakan yang memiliki tinggi sama bermakna kita harus seimbang dalam melakukan sesuatu, tidak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit. Bagian belakan ada segi tiga besar yang menghadap ke atas dinamakan gunungan yang bermakna bahwa orang jawa harus kuat sepeti gunung. Puteran yang berada di depan merupakan lambing ikatan keterkaitan antara dua hubungan, yaitu baik-jahat, tua-muda, dll. Tali wangsul yang berada di belakang dihadapkan di atas yang bermakna kita harus selalu ingat kepada yang maha kuasa.
BAJU
Untuk baju, berwarna hitam polos dan berlengan panjang. Ada yang berkerah da nada yang tidak. Makna atau filosofi dari baju adat malang yang hitam adalah simbol kematian. Maksudnya, manusia harus ingat bahwa suatu saat ia akan mati, jadi tidak boleh sombong
CELANA
Celana yang dipakai adalah celana kolor yang memiliki makna orang harus berfikir panjang seperti alnya kolor yang ditarik semakin panjang.

MATUR SEMBAH NUWUN

2 komentar: